Selasa, 15 Januari 2013

Obat Batuk Alami

Obat Batuk Alami




Batuk adalah salah satu penyakit yang umum dijumpai dan hamper semua orang pernah mengalaminya, banyak ragam batuk tetapi apapun itu tetap penyakit dan sangat mengganggu. Banyak cara untuk mengobatinya dan masyarakat pada umumnya dengan cara membeli obat warung,
sebagian Apotek dan lainnya pergi ke dokter. Hanya sebagaian kecil saja yang mungkin mencoba meramu/ meracik sendiri obat-obatan jenis herbal. Padahal mudah saja mendapatkan bahan-bahannya dan Alam telah menyediakannya dengan gratis dan aman tanpa efek samping.

Salah satunya adalah dengan tumbuhan yang satu ini dengan penamaan dan istilah yang berbeda-beda di tiap daerahnya Kapas sedeki (Sumatra,lampung), Kakapasan (sunda), Waron (jawa), Kastore Bukal (Madura) dan kalu di Maluku disebut Kasturi.

Tumbuhan ini mempunya habitat berupa sema, jenis tumbuhan semusim dengan tinggi sekitar 3,5 m, memiliki batang bulat tegak dengan percabangan monopodial berwarna warna hijau atau hijau kecoklatan.

Ciri lainnya adalah berdaun tunggal berbentuk persegi lima berlekuk, bercangap atau terbagi lima dengan pangkalnya bentuk jantung berujung lancip tepiannya rata, memiliki ukuran panjang 6-22 cm, lebar 5-20 cm

Tumbuhan ini juga memiliki bunga tunggal berbentuk lonceng terletak di ketiak daun, ukuran kelopak 2-3cm segi tiga, berbulu dan bertaju lima dengan warna hijau juga memiliki benang sari berbentuk tabung dengan kepala sari lepas berwarna kuning, mahkota lima , pangkalnya merah dengan ukuran panjang 3,5-10 cm

Kakapasan ini juga memiliki buah berbentuk kotak juga bulat telu bertulang lima rusuk, ujung meruncing, memiliki bulu-bulu menyerupai sikat dan berkalub lima dengan warna coklat kehitaman. Buahnya sendiri memiliki biji berbentuk ginjal pipih berlekuk dan keras Akar tumbuhan ini memiliki bentuk bulat dan bercabang dengan warna putih kekuningan

Adapun bagian tumbuhan ini yang bisa kita gunakan sebagai obat adalah Daunnya dan bijinya sendiri bisa digunakan sebagai bahan kosmetik. Untuk obat baluk dipakai ± 2 gram serbuk daun Kakapasan sedeki (Lampung), (sunda), Waron (jawa), Kastore Bukal (Madura) dan kalu di Maluku disebut Kasturi.diseduh dengan 1/2 gelas air matang panas, setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum sehari dua kali 1/4 gelas pagi dan sore.

Dan tumbuhan ini juga memiliki kandungan Kimia yaitu : Biji, daun dan akar Abelmoschus moschatus mengandung saponin dan flavonoida, di samping itu daunnya juga mengandung tanin dan bijinya juga mengandung tanin dan bijinya juga mengandung minyak atsiri.

Demikianlah ulasan salah satu tumbuhan yang bisa kita jadikan obat mudah-mudahan bermanfaat dan dapat kita jadikan alternatif atau memang seharusnya kita mulai beralih ke herbal yang murah dan banyak tersedia di Negara tercinta ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons